Analis: Penambangan Bitcoin Secara Alami Mengarah ke Energi Terbarukan

0 Comments

Kemarin, Hari Bumi, 22 April, diskusi tentang kelestarian lingkungan juga memulai penambangan bitcoin, yang telah menjadi masalah karena emisi karbon dan konsumsi energi yang boros.

Menariknya, diskusi tersebut mengarah pada hal positif dimana para analis menilai bahwa industri telah mengambil langkah mengadopsi energi hijau alias energi terbarukan sebagai hal yang wajar.

Energi terbarukan adalah energi yang menggunakan energi alam seperti sinar matahari, air, panas bumi, angin, limbah perkebunan dan lain-lain. Lebih murah dan bebas karbon.

Dan diketahui bahwa menurut laporan Januari Dewan Penambangan Bitcoin, pada Q4 2021, industri pertambangan bitcoin global memiliki sekitar 58,5 persen konsumsi energi terbarukan.

Dengan perkembangan ini, penambangan Bitcoin seharusnya dapat menghilangkan semua keluhan yang ada dari para pemerhati lingkungan, pemerintah, politisi dan bisnis.

Norwegia adalah contoh yang baik dari penggunaan energi terbarukan, karena 100% listrik mereka berasal dari energi hijau.

Tentu saja, penambangan bitcoin sama di negara ini, paling bersih karena menggunakan energi yang sepenuhnya hijau. Ini adalah contoh yang patut ditiru.

Norwegia saat ini menggunakan pembangkit listrik tenaga air untuk listrik, sisanya adalah angin dan panas bumi.

Selain itu, operator penambangan bitcoin yang berbasis di Miami, XBTO Group, mengklaim bahwa mereka telah menggunakan energi terbarukan sepenuhnya untuk operasi mereka.

Direktur Pelaksana XBTO Mas Nakachi berkata:

Tenaga air adalah salah satu sumber energi terbarukan yang paling dapat diandalkan yang tersedia bagi kita.”

Padahal, air merupakan energi melimpah yang sulit dimanfaatkan sebagai sumber energi. Bahkan, banyak di desa-desa terpencil telah memanfaatkan energi aliran sungai atau air terjun untuk menyediakan listrik mereka sendiri.

Bukan tidak mungkin, energi hidro, angin, dan panas bumi semakin banyak digunakan seiring dengan pengurangan energi batu bara dan nuklir karena semua orang menginginkan dunia yang lebih sehat dan hijau. Penambangan Bitcoin akan naik ke tingkat yang lebih tinggi ketika lebih dari 85% energi terbarukan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.